Jumat, 09 September 2011

PROFIL TSM SMK NEGERI 3 TEGAL

VISI
MEWUJUDKAN SMK NEGERI 3 SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN KEJURUAN YANG MENGHASILKAN SUMBER DAYA MANUSIA BERKUALITAS, PROFESIONAL DI BIDANGNYA, YANG BERSTANDAR INTERNASIONAL SERTA BERTAKWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA


Penjabaran Visi :


1. Sumber Daya yang berkualtas, artinya menghasilkan lulusan / tamatan yang unggul dalam prestasi, memiliki disiplin, bermental tangguh dan siap menghadapi tantangan masa depan serta berjiwa entrepreneurship.
  
2. Profesional di bidangnya, artinya memiliki kompetensi, pengetahuan dan ketrampilan serta sikap yang baik, sesuai dengan program keahlian yang diikuti selama mengikuti pendidikan di SMK Negeri 3 Tegal.
  
3. Berstandar Internasional, artinya siswa dibekali dengan pengetahuaan dan ketrampilan yang mengikuti perkembangan teknologi (advance), administrasi dan pemelajaran berbasis IT, dwi bahasa (bilingual) dengan harapan siap bersaing serta dapat diterima dalam persaingan pasar global.
  
4. Bertakwa Kepada Tuhan yang Maha Esa, artinya siswa juga dibekali dengan nilai-nilai pengetahuan agama dan praktek ibadah. Dengan harapan agar peserta didik menjadi manusia yang berakhlak mulia, memiliki mental yang kuat, memiliki jiwa sosial yang tinggi memiliki sense of nature, berbakti kepada orangtua, guru, bangsa dan Negera Indonesia.

MISI

1. MEMBENTUK FISIK, SIKAP MENTAL DAN DISIPLIN YANG TANGGUH SEBAGAI TENAGA YANG PROFESIONAL

2. MENGOPTIMALKAN PENGELOLAAN SEKOLAH SECARA PROFESIONAL
  
3. MENINGKATKAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA
  
4. MENERAPKAN PEMELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI
  
5. MENERAPKAN KOMPETENSI BERSTANDAR INTERNASIONAL
  
6. MENERAPKAN PENYELENGGARAAN SEKOLAH BERWAWASAN INTERNASIONAL
  
7. MENGEMBANGKAN IKLIM BELAJAR YANG BERAKAR DARI NILAI BUDAYA BANGSA INDONESIA


Penjabaran Misi :


1. Fisik tangguh arttinya siswa disipkan oleh sekolah dengan berbagai perlakukan sehingga memiliki fisik yang kuat dan sehat jasmaninya dan sehat jasmaninya. Sikap mental artinya selama pendidikan siswa dibekali dengan berbagai kegiatan yang akan merubah dan mempengaruhi perubahan sikap mental menjadi lebih baik. Disiplin yang tangguh artinya SMK Negeri 3 memiliki tingkat kedisplinan yang tinggi selama KBM maupun kegiatan lain karena adanya perlakuan dari sekolah yang menuntut siswa untuk selalu disiplin.
  
2. Profesional di bidangnya, artinya memiliki kompetensi, pengetahuan dan ketrampilan serta sikap yang baik sesuai dengan program keahlian yang di ikuti selama mengikuti pendidikan di SMK Negeri 3 Tegal
  
3. Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda artinya pola kegiatan belajar dengan melibatkan dunia industri.
  
4. Pembelajaran Berbasis Kompetensi artinya siswa memperoleh pendidikan dan pelatihan dari setiap guru dengan mengacu pada kompetensi bukan mata pelajaran sehingga di harapkan setelah menerima diklat siswa benar - benar memiliki keterampilan yang kompeten.
  
5. Kompetesi Berstandar Internasional, artinya siswa dibekali dengan kompetensi/pengetahua dan ketrampilan yang mengikuti perkembangan teknologi (advance), administrasi dan pemelajaran berbasis IT, dwi bahasa (bilingual) dengan harapan siap bersaing serta dapat diterima dalam persaingan pasar global.
  
6. Penyelenggaraan pendidikan berwawasan lingkungan artinya dalam setiap kegiatan di sekolah maupun sekitar kampus siswa dan warga diajak untuk peduli pada lingkungan fisik dengan selalu menjaga kebersihan, kerapian, keindahan, kenyamanan sehingga suasananya kondusif untuk kegiatan belajar. Iklim belajar berakar dari nilai budaya bangsa indonesia artinya walaupun siswa diberi pengetahuan dan ketrampilan berstandar internasional tetapi tidak meninggalkan budaya lokal luhur bangsa Indonesia.
  
7. Iklim belajar berakar dari nilai budaya bangsa Indonesia artinya walaupun siswa diberi pengetahuan dan ketrampilan berstandar internasional tetapi tetap tidak meninggalkan budaya lokal luhur bangsa Indonesia.

TUJUAN
  1. Menyiapkan siswa untuk memasuki dunia kerja serta mengembangkan sikap profesionalisme
  2. Menyiapkan siswa mampu berkarier, berkompetensi dan mengembangkan dirinya di era globalisasi dan informasi
  3. Menyiapkan tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan usaha dunia industri pada saat ini maupun di masa mendatang
  4. Menyiapkan tamatan menajdi warga Negara yang normative, adaptif, produktif dan inovatif

Tidak ada komentar: